Rabu, 22 Mei 2013

5 KUNCI MERUBAH HIDUP ANDA MENJADI SUKSES




RINGKASAN BUKU
“ THE  5 KEYS , CHANGE  YOUR LIFE TO BE SUCCESS “
(  5 KUNCI, MERUBAH HIDUP ANDA MENJADI SUKSES )
Oleh : Yan Djoko Pietono*)
Didalam buku ini penulis mencoba memberikan warna untuk melengkapi kompleksitas kehidupan yang dijalani setiap manusia di dalam hidupnya.The 5 Key, Change Your Life to be Success adalah buku yang akan memaparkan “ 5 Kunci ,Merubah Hidup Anda Menjadi sukses “. Penulis memberikan 5 Kunci yang akan merubah hidup anda menjadi lebih sukses.Sebab kesuksesan tidak datang tanpa diupayakan kedatangannya dengan sepenuh hati menerima, sekuat tenaga berusaha dan seoptimal pikiran menfokuskan impian yang akan diwujudkan. Hidup ini penuh dengan pintu-pintu tinggal bagaimana anda mencari kunci-kuncinya untuk membuka pintu-pintu tersebut dan berusaha masuk dibalik kerahasiaan masing-masing pintu tersebut. Tentukan pintu – pintu mana yang paling utama dan pertama anda akan buka, itu akan menentukan jalan hidup anda selanjutnya.Nah,5 Kunci yang penulis persembahkan ini akan membuka wawasan anda dalam menyikapi hidup penuh dengan kesuksesan dunia akherat.Maka temukan dan lakukan ke lima kunci didalam kehidupan anda, akan menuntun anda meniti jalan keberhasilan meraih masa depan sukses sesuai dambaan anda dan orang-orang yang anda cintai didalah hidup anda.Tidak ada kesulitan mencapai kesuksesan selama anda memiliki kemauan untuk memudahkannya.Setiap orang memiliki keajaiban didalam kehidupannya, sebab itu keajaiban itu anugerah Tuhan atas imbalan kepada umatnya yang telah sungguh-sungguh mengupayakan apa yang menjadi harapan didalam hidupnya.Tidak mengenal menyerah dan  putus asa, sebab itu adalah ketidakmampuan orang mengeliminasi kelemahan jiwa yang tidak memiliki daya juang.Menjadi manusia yang biasa-biasa saja itu lumrah tetapi menjadi manusia luar biasa itu keajaiban. Jadi janganlah hanya menjadi manusia yang apa adanya tapi jadilah manusia yang ada apanya di dirinya yang bisa  dikembangkan, dieskplorasi dan dimotivasi untuk terus maju tak gentar meraih keberhasilan dan tanpa berhenti sebelum impian ada digenggaman tangan.Hidup adalah perjuangan untuk menentukan pilihan, maka menjadi sukses adalah pilihan hidup yang ada di mindset anda. Setelah membaca paparan ini, anda mendapatkan sesuatu maka yakinlah bahwa sesuatu itu anda dapatkan karena adanya sesuatu diluar empiris kita yang memberi Rahmat dan Karunia, tetapi jika anda belum mendapatkan sesuatu tetap yakinlah bahwa sesuatu itu akan anda dapatkan kelak dikemudian hari, sebab penulis bukanlah pemberi sesuatu itu.Selamat membaca Tuhan menyertai anda didalam heningnya kalbu yang rindu kesuksesan hidup di dunia dan akherat.
Kunci Pertama : NIAT MENYUNTING IMPIAN
        Niatkan didalam hati untuk menyunting impian didalam kehidupan yang harus kita tetapkan, kita pastikan, kita tekadkan untuk kita wujudkan sebagai pilihan yang harus kita perjuangkan. Sebelum direalisasikan maka niat dibulatkan untuk di koordinasikan dengan pikiran sebagai pengelola informasi yang masuk untuk digodok menjadi sebuah strategi pencapaian impian yang akan diwujudkan. Ingat apa kata dunia, orang yang paling miskin di dunia adalah orang yang tak pernah memiliki impian.Berkaca kepada para tokoh – tokoh penemu di dunia. Dimana mereka berhasil menemukan sesuatu ,ternyata bermula dari impian. Mereka memiliki mimpi besar yang terpendam dihati dan pikiranya lalu diwujudkanlah impian itu menjadi kenyataan, dengan memiliki keyakinan yang kuat bahwa sesuatu itu bisa tercapai. Kita mulai untuk merenungkan impian apa yang akan kita wujudkan dalam jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang.Jangan menentukan impian yang hanya enak didengar telinga saja, baik telinga diri sendiri maupun telinga orang terdekat kita keluarga dan telinga orang lain. Tapi buatlah impian  yang sejalan dengan nilai dan keinginan terdalam dihati dan pikiran positif ( positive thinking ) kita. Janganlah pikiran – pikiran negatif ( negative thinking ) mempengaruhi dan berusaha membendung pikiran positif kita.Begitu pula jangan mudah terpengaruh  bahkan merelakan impian kita dipadamkan oleh hasutan-hasutan orang lain. Hidupkanlah selalu impian kita ( live with your dreams ),dengan keoptimisan bakal tercapai. Maka mulai sekarang segera miliki impian hidup yang akan diwujudkan. Memiliki impian  tidak perlu beli alias gratis , mumpung gratis kenapa masih susah untuk memiliki impian ? Jangan jadi orang yang merugi, sehingga tidak memiliki impian sama sekali didalam kehidupanya. Anda masih ingat apa kata Hamdan ATT ? Sebagai penyanyi dangdut Dia mengatakan orang yang termiskin didunia. Apakah anda percaya ?. Buktinya meskipun dia mengaku orang termiskin didunia , tapi nyatanya dia memiliki rumah mewah, mobil mewah,dan harta kecukupan. Begitu pula Yusnia, penyanyi dangdut selalu mengumandangkan makan sepiring berdua, tidur setikar berdua, tapi nyatanya dia bisa jalan-jalan keseluruh Indonesia bahkan sampai luar negeri.Betulkan ? Makanya anda juga harus bisa ! Untuk bisa bagaimana ? Segeralah menyunting impian anda untuk diajak ke pelaminan kehidupan yang harus anda sandingkan dalam kebahagiaan .Jangan berkutat di dalam kesedihan terus, sebab kesedihan itu tercipta karena ketidakmampuan anda menghadirkan kebahagian yang disebabkan anda tidak mampu mengeliminasi kesedihan itu .
Kunci Kedua : KEMAUAN MEMELUK KEINGINAN
Manusia hidup harus memiliki kemauan sebagai kata kunci dari mensuksesi kehidupan . Apa yang kita inginkan didalam hidup ini? Ingin apa? Ingin  jadi apa? Ingin Pintar? Ingin Sukses? Ingin kaya?,Ingin hidup makmur ? dan lain sebagainya . “ Mind concept of your life “ ( Konsep pemikiran hidup anda ), selayaknya sudah anda patri didalam benak anda, karena itu adalah impian yang akan anda raih.Jangan bilang hidup ini tidak ada kemauan dan keinginan,sungguh naif. Hidup ini terlalu pendek, sangat sayang bila disia-siakan. Kemauan adalah motivator anda. Willingness is an absolute requirement if you want to be successfull (Kemauan adalah syarat mutlak bila anda ingin sukses!). Tidak ada problematika hidup ini yang tidak ada jalan keluarnya selama kita masih memiliki kemauan untuk mencari jalan keluarnya. Keruwetan benang dapat diurai dengan kesabaran, sedang keruwetan hidup dapat diurai dengan ketawakalan.Kemauan adalah syarat mutlak anda didalam meraih segala keberhasilan.Selama kemauan tidak ada maka keberhasilan juga sirna, sebab keberhasilan itu harus diupayakan dengan kemauan keras, ulet dan pantang menyerah serta tidak takut gagal.Sebab kegagalan  adalah  jembatan menuju keberhasilan.Kemauan apa dalam hidup ini yang akan anda perjuangkan? Hidup itu penuh perjuangan untuk menentukan pilihan hidup yang terbaik. Tentunya terbaik dalam koridor Iman dan taqwa sesuai keimanan yang kita anut untuk memperjuangkan kehidupan yang bahagia dunia dan akherat.Mari mulai saat ini kita kuatkan kemauan sebagai pendorong roda keinginan untuk mencapai keberhasilan hidup ini. Dalam proses kemauan kita memeluk keinginan, ada satu hal yang perlu kita perhatikan yaitu memberi. Anda pasti bertanya kok malahan memberi ? Padahal kita menginginkan ,malahan disuruh memberi, terasa aneh, tidak masuk akal.Mungkin jawaban anda :”  ya nanti saya akan memberi setelah berhasil “. Gimana mau berhasil kalo kita tidak mengikuti hukum alam, seperti memberi dulu baru menerima balasan, menanam dulu baru menuai, bekerja dulu baru menerima upah dan seterusnya.Kehidupan di dunia ini sudah diatur oleh Tuhan melalui beberapa aturan yang tergabung dalam Hukum Utama ( Universal Law ). Dalam kitab suci manapun disebutkan bahwa  semakin banyak memberi, akan semakin banyak menerima dan dilipat gandakan. Gak percaya ? Buktikan !!. Asal memberi berdasarkan aturan yang semestinya yaitu :
Kunci Ketiga : KEKUATAN UPAYA MENAKLUHKAN

A.KEKUATAN DAHSYAT DALAM DIRI MANUSIA.

Ada 6 kekuatan dahsyat dalam diri manusia yang bisa dijabarkan menurut Hery Sugiarto dan Renosu adalah sebagai berikut :
       1. Kekuatan Impian (The Power of Dreams).

          Untuk memperoleh hal-hal terbaik dalam kehidupan ini, setiap kita harus memiliki impian dan tujuan hidup yang jelas. Setiap kita harus berani memimpikan hal-hal terindah dan terbaik yang kita inginkan bagi kehidupan kita dan kehidupan orang-orang yang kita cintai.Tanpa impian, kehidupan kita akan berjalan tanpa arah dan akhirnya kita tidak menyadari dan tidak mampu mengendalikan ke mana sesungguhnya kehidupan kita akan menuju.
      2. Kekuatan dari Fokus (The Power of Focus)

       Fokus adalah daya (power) untuk melihat sesuatu termasuk masa depan, impian, sasaran atau hal-hal lain seperti kekuatan dan kelemahan dalam diri, peluang di sekitar kita, sehingga lebih jelas dan mengambil langkah untuk mencapainya.Seperti sebuah kacamata yang membantu seorang untuk melihat lebih jelas, kekuatan fokus membantu kita melihat impian, sasaran, dan kekuatan kita dengan lebih jelas, sehingga kita tidak ragu-ragu dalam melangkah untuk mewujudkannya.
         3.Kekuatan Disiplin Diri (The Power of Self Discipline)

        Pengulangan adalah kekuatan yang dahsyat untuk mencapai keunggulan. Kita adalah apa yang kita lakukan berulang-ulang. Menurut filsuf Aristoteles, keunggulan adalah sebuah kebiasaan.Kebiasaan terbangun dari kedisiplinan diri yang secara konsisten dan terus-menerus melakukan sesuatu tindakan yang membawa pada puncak prestasi seseorang. Kebiasaan kita akan menentukan masa depan kita.Untuk membangun kebiasaan tersebut, diperlukan disiplin diri yang kokoh. Sedangkan kedisiplinan adalah bagaimana kita mengalahkan diri kita dan mengendalikannya untuk mencapai impian dan hal-hal terbaik dalam kehidupan ini.
1.      Kekuatan Perjuangan (The Power of Survival)

          Setiap manusia diberikan kekuatan untuk menghadapi kesulitan dan penderitaan. Justru melalui berbagai kesulitan itulah kita dibentuk menjadi ciptaan Tuhan yang tegar dalam menghadapi berbagai kesulitan dan kegagalan.Seringkali kita lupa untuk belajar bagaimana caranya menghadapi kegagalan dan kesulitan hidup, karena justru kegagalan itu sendiri merupakan unsur atau bahan yang utama dalam mencapai keberhasilan atau kehidupan yang berkelimpahan.
2.      Kekuatan Pembelajaran (The Power of Learning)

            Salah satu kekuatan manusia adalah kemampuannya untuk belajar. Dengan belajar kita dapat menghadapi dan menciptakan perubahan dalam kehidupan kita. Dengan belajar kita dapat bertumbuh hari demi hari menjadi manusia yang lebih baik.Belajar adalah proses seumur hidup. Sehingga dengan senantiasa belajar dalam kehidupan ini, kita dapat terus meningkatkan taraf kehidupan kita pada aras yang lebih tinggi.
3.      Kekuatan Pikiran (The Power of Mind)

         Pikiran adalah anugerah Tuhan yang paling besar dan paling terindah. Dengan memahami cara bekerja dan mengetahui bagaimana cara mendayagunakan kekuatan pikiran, kita dapat menciptakan hal-hal terbaik bagi kehidupan kita.Dengan melatih dan mengembangkan kekuatan pikiran, selain kecerdasan intelektual dan kecerdasan kreatif kita meningkat, juga secara bertahap kecerdasan emosional dan bahkan kecerdasan spiritual kita akan bertumbuh dan berkembang ke tataran yang lebih tinggi.Semua dari kita berhak dan memiliki kekuatan untuk mencapai kehidupan yang berkelimpahan dan memperoleh hal-halterbaik dalam kehidupannya.Semuanya ini adalah produk dari pilihan sadar kita, berdasarkan keyakinan kita, dan bukan dari produk kondisi keberadaan kita di masa lalu dan saat ini.

B.UNTUK APA KEKUATAN DIRI ITU?

 Ada dua fungsi utama kekuatan.diri  yang bisa dijabarkan yaitu :
1.Untuk Bertahan dan Mengatasi Masalah
Dalam hidup, kita akan selalu menghadapi masalah dan rintangan. Namun kita tidak perlu takut, sebab setiap masalah dan rintangan yang ada sudah disertai dengan jalan keluarnya. Kita sudah memiliki kekuatan untuk mengatasi masalah hidup dan mengatasi rintangan yang menghambat kita. Jika kekuata itu belum nampak, artinya kita perlu membangkitkannya. Yakinlah, belajarlah, latihlah, dan cobalah.
2.Untuk Berjuang dan Mencapai Tujuan Besar
Dalam hidup juga penuh perjuangan, termasuk berjuang untuk meraih cita-cita kita baik di dunia maupun di akhirat. Semuanya butuh perjuangan dan perjuangan butuh kekuatan. Sekali lagi, kekuatan itu ada dalam diri kita, yang kita perlukan ialah membangkitkan kekuatan itu.
Kunci Keempat : KESEMPATAN MENJERAT PELUANG
Kesempatan setiap orang akan datang dalam tempat, waktu dan kondisi yang berbeda-beda.Namun bukan perbedaan yang perlu diperdebatkan, tetapi bagaimana menyikapi setiap kesempatan yang datang itu tidak disia-siakan untuk menjerat peluang yang ada.Ada perbedaan antara orang pesimis dan optimis di dalam menyikapi kesempatan. Bila orang optimis tidak akan menunggu kesempatan datang tapi dia mecari dan memburu kesempatan itu untuk menjerat setiap peluang yang ada.Tapi orang pesimis hanya menunggu kesempatan menghampirinya dan kadangkala membiarkan kesempatan itu berlalu tanpa dijerat peluang yang ada, sehingga penyesalan terjadi setelah kesempatan lewat. Makanya sebagai orang yang berkehendak untuk sukses hidupnya harus selalu sigap dalam setiap kesempatan yang ada didepanya.Jangan sekali-sekali membiarkan kesempatan berlalu tanpa sempat menjerat peluang yang ada, sekecil apapun peluang yang dapat dijerat itu akan sangat berarti untuk membuka jalan lebar dikemudian.Kadang-kadang orang enggan mengambil peluang kecil bahkan ada yang meremehkan peluang kecil itu, dianggap tidak berarti.Inilah kesalahan fatal orang yang mengesampingkan peluang kecil, sebab kesuksesan tidak datang langsung besar tetapi mengumpulkan dari sukses-sukses kecil menyikapi dari peluang-peluang kecil yang akhirnya menjadi besar.Ibarat anda mencari ikan dilaut, ketika mendapatkan ikan teri ditolak padahal ikan teri terkumpul banyak, karena dibenak anda hanya menginginkan ikan kakap.Waktu terus bergulir putaran malam menjelang pagi sampai pagi anda terus menolak ikan teri yang ada ,akhirnya anda tidak mendapatkan ikan kakap.Lalu anda pulang tanpa membawa hasil ikan, sebuah kesia-siaan sebagai nelayan anda tidak sukses.Sedang yang lain tetap membawa ikan teri meski nilainya kecil tapi itulah arti sebuah kesuksesan. Kepekaan menyikapi kesempatan datang perlu diasah dengan berbagai cara dengan kemampuan empiris kita, belajar dari pengalaman sendiri maupun orang lain.

HIDUP PENUH DENGAN PINTU-PINTU.

Kesempatan didalam kehidupan menyimpan banyak pintu-pintu yang siap dibuka oleh orang-orang yang telah menemukan kunci-kuncinya dan berusaha untuk membuka pintu-pintu tersebut, lalu berusaha memasuki kedalam rahasia dibalik pintu-pintu kehidupan itu.Jika anda ingin pintar maka anda harus membuka pintu pintar dan mencari kuncinya, begitu pula bila ingin sukses harus terus mencari dimana pintu sukses dan berusaha menemukan kuncinya sehingga bisa membukanya.Didalam kesempatan didunia ini ada banyak peluang-peluang yang bisa dibuka jika anda mampu menemukan pintunya dan mendapatkan kunci untuk membukanya.Antara pintu dan kuncinya tidak akan pernah sama karena Allah sudah menciptakan kunci yang tidak bisa diduplikat oleh kemampuan manusia.Sehingga hanya kunci yang tepat untuk membuka pintu yang tepat sesuai pasanganya.Nah, ada sebuah pertanyaan yang perlu anda jawab. Pintu apakah yang paling utama dan pertama yang akan anda buka? Jika anda salah membuka pintu yang akan anda buka maka bisa jadi anda akan terjerumus kedalam penyimpangan yang Allah gariskan, sehingga kehidupan anda keliru sesuai ajaran keimanan yang anda percayai.Jika boleh memberi saran maka disarankan sebaiknya anda menentukan pilihan hidup yang utama dan pertama adalah berusaha membuka pintu kebaikan.Maka anda harus mencari kunci kebaikan untuk membuka pintu kebaikan. Perlu diingat bahwa daya magnetis pintu kebaikan sangat kuat menutupnya, sehingga jika anda ingin membuka pintu kebaikan hanya bisa anda lakukan sejengkal demi sejengkal dan harus terus menerus didorong kedalam untuk membuka pintu kebaikan menjadi lebar. Tetapi anda harus memiliki kekuatan iman dan amalan kebaikan sebagai kekuatan daya dorong untuk membuka pintu itu.Jika anda tidak mendorong secara terus menerus atau anda berhenti mendorong karena anda sejenak melakukan kekhilafan yang besar maka pintu kebaikan akan tertutup kembali.Sehingga anda harus memulai dari awal kembali untuk membukanya.Itulah makna dari kebaikan yang tak mudah dibuka tanpa kita memiliki kemampuan kontinue dalam perilaku kebaikan sehari-hari.Sangat berbeda dengan membuka pintu keburukan yang memiliki daya magnetis membuka sangat mudah dan tanpa perlu kekuatan daya dorong yang besar. Sekali membuka cukup anda dorong dengan daya kecil maka pintu keburukan akan terbuka lebar. Itulah kemudian membuka pintu keburukan dan sekali anda masuk maka anda akan terjerumus kedalamnya dan tidak mudah anda untuk keluar kembali.Disinilah bedanya pintu keburukan harus memiliki daya dorong yang kuat untuk keluar kembali setelah berada didalam, jika ternyata didalam anda tersiksa.Kesimpulan antara pintu kebaikan dan pintu keburukan adalah : Pintu kebaikan jika anda berhasil membukanya dan berusaha untuk masuk maka anda akan menemukan surga didalamnya, sebaliknya pintu keburukan sangat mudah anda buka dan anda masuki dan akan menemukan neraka didalamnya.
Nah, sekarang anda sudah memahmi lalu tetapkan pintu mana yang akan anda buka dan mencari kuncinya.Untuk mencari pintu kebaikan tak semudah menemukan pintu keburukan.Begitupun jika anda akan membuka pintu-pintu yang lain, sudah dijelaskan diatas untuk membuka pintu pintar, pintu sukses, pintu jodoh, pintu rejeki dan seterusnya.
Kita hidup mesti memiliki daya juang untuk membuka pintu keberhasilan. Lalu bagaimana kita mencapai tujuan untuk mencari kuncinya itu?. Karena hidup ingin sukses ,maka kita harus sudah mengikat kuat tujuan untuk mencapai kesusksesan itu.Berikut ini kita tidak akan bertindak untuk mencapai sukses apabila kita tidak merasa harus. Di dunia ini semua pencapaian yang dahsyat pasti dicapai karena orangnya mempunyai alasan yang sangat kuat untuk menjadi dahsyat (baik secara sadar maupun secara tidak sadar). Contoh, apakah menurut anda Carl Lewis,Ben Johnson pelari tercepat dunia lari 100 meter, hanya sekedar lari-lari tanpa alasan dan kemudian menjadi juara? Sudah pasti tidak.Pada dasarnya otak kita hanya mencari kenikmatan dan menghindari penderitaan. Semua perubahan yang dramatis dalam hidup juga dilandasi oleh keinginan untuk mencari kenikmatan dan menghindari penderitaan. Bila kita ingin berubah, kita harus jelas mengetahui apa sengsaranya bila kita tidak berubah atau tidak mencapainya. Kita juga perlu tahu apa nikmatnya bila kita berubah atau mencapainya.

Kunci Kelima : TANGIS DOA PERSEMBAHAN
Setelah kita melakukan niat  menyunting impian sebagai kunci pertama  – kemauan memeluk keinginan sebagai kunci kedua – kekuatan upaya menakluhkan sebagai kunci ketiga –kesempatan menjerat peluang sebagai kunci keempat – maka tangis doa persembahan sebagai kunci kelima dan terakhir merupakan bentuk kepasrahan atas usaha –usaha yang telah kita lakukan, dikembalikan kepada Sang Maha Penentu kehidupan yaitu Tuhan YME  sebagai tempat kita mengadu, memohon dan berharap.Manusia hanya berusaha sekuat tenaga, semampu pikiran, semaksimal perjuangan untuk meraih kesuksesan hidup,namun hasil akhir ada di tangan Tuhan. Tapi dengan keyakinan kuat bahwa tidak ada upaya yang tidak ada balasanya,selama kita mengupayakan dengan baik dan benar menurut Tuhan.Didalam kepasrahan setelah mengupayakan patut kita bersujud dihadapanNya dengan menumpahkan segala harapan penuh ketulusan dan keiklasan dengan meluruhkan air mata didalam tangisan doa yang kita persembahkan kepadaNya.Keseriusan kita dalam berdoa pasti akan didengar olehNya, sebab Tuhan tidak pernah tidur dan tidak pernah menutup telinga atas doa-doa umatnya yang setia.Kesetiaan umat yang berjalan tetap dikoridor yang sudah diajarkan dalam syareat religius yang kita yakini dan percayai, pasti akan mendapatkan kebaikan dan kebahagiaan.Kita sebagai manusia juga harus siap menerima segala keputusan apapun yang telah Allah tetapkan, dengan penuh iklas, dan tetap sabar menjalani upaya selanjutnya.Sebab semua upaya itu mengandung ujian dan cobaan.Mengapa Allah memberikan kita cobaan hidup yang datangnya bertubi-tubi? Karena itu adalah wujud anugerah yang terindah dari Allah untuk kita agar kita lebih bersabar dalam hidup ini. Sabar adalah satu kata yang mudah diucapkan namun sulit untuk dilakukan karena membutuhkan latihan terus menerus. Banyak orang yang jatuh terpuruk dan tidak dapat bangkit lagi karena tidak mampu bersabar dalam menghadapi cobaan hidup maupun menanti ridha Allah. Namun bila kita bisa bersabar maka banyak rahmat & nikmat Allah yang akan kita terima.“Apa yang disisimu akan lenyap dan apa yang ada disisi Allah adalah kekal. Dan sesungguhnya Kami akan memberi balasan kepada orang-orang yang sabar dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan.” (QS. an-Nahl : 96).

KEKUATAN DOA PERSEMBAHAN.
Agar doa menjadi mustajab (tijab/makbul/kuat) dapat kita lakukan suatu kiat tertentu.Menurut Atur Sabdo   Pambagyo tokoh kejawen dalam sabda langit,mengatakan bahwa penting untuk memahami bahwa doa sesungguhnya bukan saja sekedar permohonan (verbal). Lebih dari itu, doa adalah usaha yang nyata netepi rumus/kodrat/hukum Tuhan sebagaimana tanda-tandanya tampak pula pada gejala kosmos. Permohonan kepada Tuhan dapat ditempuh dengan lisan. Tetapi paling penting adalah doa butuh penggabungan antara dimensi batiniah dan lahiriah (laten dan manifesto) metafisik dan fisik. Doa akan menjadi mustajab dan kuat bilamana doa kita berada pada aras hukum atau kodrat Tuhan.
 “Doa merupakan proyeksi perbuatan kita,amal kebaikan kita pada sesama menjadi doa tak terucap yang mustajab “

     Kalimat sederhana tersebut merupakan kata kunci memahami misteri kekuatan doa. Doa adalah seumpama cermin !! Doa kita akan terkabul atau tidak  tergantung dari amal kebaikan yang pernah kita lakukan terhadap sesama. Dengan kata lain terkabul atau gagalnya doa-doa kita merupakan cerminan akan amal kebaikan yang pernah kita lakukan pada orang lain. Jika kita secara sadar atau tidak sering mencelakai orang lain maka doa mohon keselamatan akan sia-sia. Sebaliknya, orang yang selalu menolong dan membantu sesama, kebaikannya sudah menjadi “doa” sepanjang waktu, hidupnya selalu mendapat kemudahan dan mendapat keselamatan. Kita gemar dan ikhlas mendermakan harta kita untuk membantu orang-orang yang memang tepat untuk dibantu. Selanjutnya cermati apa yang akan terjadi pada diri kita, rejeki seperti tidak ada habisnya! Semakin banyak beramal, akan semakin banyak pula rejeki kita. Bahkan sebelum kita mengucap doa, Tuhan sudah memenuhi apa-apa yang kita harapkan. Itulah pertanda, bahwa perbuatan dan amal kebaikan kita pada sesama, akan menjadi doa yang tak terucap, tetapi sungguh yang mustajab.  Ibarat sakti tanpa kesaktian. Kita berbuat baik pada orang lain, sesungguhnya perbuatan itu seperti doa untuk kita sendiri.

Demikianlah RINGKASAN BUKU yang dapat saya persembahkan untuk dapat kirannya Bapak memberikan KOMENTAR atas ISI BUKU ini, sebelum buku ini saya terbitkan ke Penerbit. Atas sumbangsih kata-katanya sebagai pengisi buku ini, tidak lupa saya mengucapkan banyak terima kasih.

*) Penulis buku The 5 Keys, Change Your Life to be Success ( tebal 160 halaman )
Bagi pemesan buku ini silahkan hubungi penulis terima kasih

Tidak ada komentar: